Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diditmomotAvatar border
TS
diditmomot
Pendaki Cilik Kakak Beradik yang menggapai Puncak Mahameru


Sang Raja Gunung, itu julukan bagi Arya Cahya Mulyana Sugianto, pendaki cilik milik Indonesia yang dalam kegiatannya telah banyak menapak puncak - puncak gunung di Indonesia. Dan kali ini, Arya dan adiknya Sherin berhasil menjamah puncak tertinggi di Pulau Jawa, puncak Mahameru Gunung Semeru yang berketinggian 3.676 mdpl.

Untuk bisa menapak puncak Mahameru, menggunakan jalur pendakian yang dimulai dari Ranu Pane, nama daerah di wilayah Lumajang. Dari sini, kemudian melanjutkan perjalanan menuju kawasan Danau Ranu Kumbolo selama kurang lebih setengah hari.



Di lokasi ini, Arya cs mulai mendirikan tenda untuk bermalam. Selain melepas lelah, juga untuk menyaksikan indahnya Danau Ranu Kumbolo. Menunggu pemandangan makin cantik saat pagi hari. Udara yang sejuk, air danau yang tenang, dan cantiknya sunrise memberikan semangat baru untuk melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya, mereka harus terus mendaki menuju Pos Kalimati. Pos para pendaki ini berada di ketinggian 2.700 mdpl. Asyiknya di pos dengan hamparan padang rumput ini, kita bisa menyalakan api unggun dari ranting - ranting pohon cemara yang sudah kering.

Perjalanan dilanjutkan ke arah timur dan menuju pos selanjutnya, yaitu Arcopodo. Namun perlu di ketahui, Anda harus berhati - hati saat berada di Pos Kalimati dan Pos Arcopodo, sebab ada hama tikus gunung yang bisa saja menganggu perjalanan.

Kawasan Arcopodo berada diketinggian 2.900 mdpl. Kawasan ini merupakan daerah vegetasi terakhir Gunung Semeru, selanjutnya Arya dan rombongan akan melewati bukit berpasir.

Dari kawasan Arcopodo, masih memerlukan waktu selama 3 - 4 jam berjalanan untuk bisa sampai ke Puncak Mahameru. Perjalanan menuju puncak akan semakin berat. Padang pasir yang curam dan licin menjadi tantangan tersendiri.

Ketika sampai di Mahameru, walaupun disambut dengan suhu sekitar 4 - 10 derajat celcius, seakan semua itu tidak mempengaruhi dua pendaki kecil ini, Arya dan Sherin. Kebanggaan bisa menapak puncak Mahameru melebihi segala dingin. Selain itu, tentu saja pemandangan indah yang mungkin saja tidak akan pernah di lupakan seumur hidup mereka. Ya, ini merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Matahari terbit akan tampak cantik dari Mahameru. Belum lagi kabut tebal yang menyelimuti kawasan gunung, sangat sayang jika tidak segera diabadikan.

Akan tetapi, pemandangan yang indah di puncak gunung jangan sampai membuat Anda kurang memerhatikan daerah sekitar. Di sebelah selatan Mahameru terdapat gas beracun dan aliran lahar. Adalah Soe Hok Gie, seorang aktivis Indonesia yang wafat di Puncak Mahameru pada tahun 1969 akibat menghirup gas beracun tersebut.

Semakin menguatkan Arya akan besar cintanya pada Mahameru. Gunung Semeru yang selalu di hati dan pikirannya saat merambah gunung - gunung lain di Indonesia.

Dengarkan ucapannya saat bisa menggapai puncak - puncak gunung lain: " Mahameru, aku telah sampai di puncak!!" Tanda cinta Arya pada Mahameru. Puncak Mahameru selalu ada dalam setiap pendakiannya.

Untuk Arya dan Sherin, dua kakak beradik yang hebat ini, ucapan selamat dan terima kasih dari kami, Para Sherpa Belantara Indonesia. Terima kasih juga bagi tim pendukung pendakian mereka di puncak tertinggi Pulau Jawa, Puncak Mahameru, Gunung Semeru.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
12.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan