Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
Ini Tanggapan Dahlan Iskan Soal 'Tol' Laut Jokowi
Spoiler for reff:




Jakarta -Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden 2014-2019 Joko Widodo punya ide mengembangkan 'tol' laut dari Sumatera sampai Papua. Menteri BUMN Dahlan Iskan menanggapi positif ide ini.

Mantan Dirut PLN ini mengatakan, program tersebut sebetulnya sedang berjalan, dan tertuang dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Namun, kapasitas pelabuhan yang ada masih belum besar.

"Pelabuhannya harus dibangun. Itu sekarang kita sudah jalan, tinggal meneruskan," kata Dahlan kala ditemui detikFinance di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat (23/5/2014).

Di Sumatera, lanjut Dahlan, sedang dibangun pelabuhan Belawan yang lebih besar dan mampu menampung kapal berkapasitas 3.000 TEUs. Saat ini, pelabuhan Belawan hanya mampu disandari kapal dengan kapasitas 800 TEUs.

"Itu nggak cukup. Dengan pelabuhan seperti itu, biaya per ton dari Belawan ke Jakarta bisa Rp 15 juta. Tapi dengan pelabuhan yang baru, nanti 3.000 TEUs. Kalau itu ongkos angkutnya turun dari Rp 15 juta menjadi Rp 8 juta," paparnya.

Kemudian, tambah Dahlan, di Jakarta pun sedang dibangun terminal Kalibaru. Di Makassar juga ada pelabuhan baru yang akan dibangun. Kemudian di Sorong (Papua) juga akan dibangun pelabuhan sebesar yang di Makassar tetapi masih terhambat status tanah hutan.

"Jadi kalau dari Belawan ke Sorong itu kapasitas sudah 3.000 TEUs semua, baru barang itu jadi. Sebenarnya ini sudah dimulai," tutur Dahlan.

Jika nanti Jokowi terpilih menjadi presiden, menurut Dahlan, harus berkomitmen meneruskan proyek tersebut. "Jadi saya juga senang," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan bahwa konsep 'tol' laut ini adalah mengembangkan pelabuhan-pelabuhan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kemudian ada kapal besar yang setiap hari lalu-lalang dan menjadi tulang punggung logistik nasional.

"Seharusnya ini dirintis oleh pemerintah. Kapalnya pemerintah, Pelni bisa, BUMN lain bisa.Tapi tidak oleh maskapai besar asing," kata Jokowi.

Salah satu tujuan dari proyek ini, menurut Jokowi, adalah mempersempit bahkan meniadakan disparitas harga antar wilayah. "Ada kesenjangan dalam pembangunan infrastruktur sehingga menyebabkan harga yang beda antara di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Manajemen distribusi logistik ini yang harus diperbaiki," tegasnya.

hmmmm... ternyata sudah berjalan toh emoticon-Embarrassment
Mungkin seharusnya para calon mempelajari dulu sebelum ngasih statement tertentu emoticon-Big Grin
Orang sudah mulai dirintis kok,
Ane di sini netral lo ya emoticon-Malu
Dari kubu sebelah juga ada berita tentang pembangunan tol atas laut ide pak DI ini emoticon-Big Grin
Biar berimbang ane juga tambahin di mari deh emoticon-Embarrassment

Ide Tol Laut BUMN Jadi Janji Prabowo-Hatta, Dahlan: Nggak Apa-apa

Spoiler for reff:




Jakarta -Salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014-2019, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, mengusung rencana pembangunan tol atas laut di Pantura. Konsep tol atas laut telah diusulkan dan sedang dilakukan studi kelayakan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bagaimana respons Menteri BUMN Dahlan Iskan? Mantan peserta konvensi capres Partai Demokrat tersebut tidak mempersoalkan ide yang digagas dirinya bersama BUMN masuk menjadi visi misi salah satu kandidat presiden. Ia justru merasa senang karena rencana BUMN memperoleh dukungan.

"Nggak apa-apa, ide yang baik dipakai," kata Dahlan di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Program tol atas laut Jawa, lanjut Dahlan, tetap akan berjalan meskipun terjadi pergantian pemerintahan. Ini karena pembiayaan dan pengembangan dilakukan oleh sinergi antar BUMN tanpa melibatkan APBN.

"Seharusnya ini tetap berlangsung, karena kan program BUMN. Kecuali misalnya nanti pemegang saham yang akan datang minta dibatalkan, itu misalnya," ujar Dahlan.

Duet Prabowo-Hatta dalam dokumen visi minya menyebut pengembangan infrastruktur sebagai salah satu prioritas. Ada sejumlah program yang ditawarkan, salah satunya adalah pembangunan jalan tol di atas laut Pantura.

Dalam dokumen visi misinya, Prabowo-Hatta menyebutkan bakal membangun secara bertahap jalan tol atas laut di beberapa segmen jalur Pantura dan berpotensi terintegrasi dengan jalur kereta.

Sebelumnya, konsorsium BUMN yang diketuai PT Jasa Marga Tbk (JSMR) telah mengumumkan rencana pengembangan ruas tol atas laut. Jasa Marga sebagai pimpinan konsorsium saat ini melakukan studi kelayakan untuk ruas Semarang-Surabaya. Konsorsium ini rencananya membangun tol atas laut yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.
(feb/hds)

Silahkan pada nilai sendiri emoticon-Big Grin
Diubah oleh madi.noto 26-05-2014 04:31
0
6.4K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan