Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jomblo1Avatar border
TS
jomblo1
GENARASI PEMULA TANI
hmmm thread ini dibuat karena ane lagi pengen sharring pengalaman q bertani...
mungkin bisa menginspirasi. ini bukan kesimpulan... tapi thread ini nati selanjutnya adalah thread pengalaman tani saya.
memang memulai sesuatu hal yang baru itu sangat sangat susah... apa lagi kalau tidak dibarengi dengan niat yang kuat,,, dijamin dah pasti KO duluan. alias ga jalan2
ada 3 lokasi yang ane jadikan percobaan pemula.tani ... hehe mula2 langsung 3...tunggu dulu itu semua ada ceritanya
1. bertempat di rumah temen ane.. ane punya project tanam jahe. kenapa jahe?? waktu dengerin kisah bapak2 yang menyarankan budidaya jahe... kemudian cari2 di internet youtube... majalah... wah rata2 menjanjikan impian yang besar... dengan modal yang tidak terlalu besar... lahan juga tidak butuh terlalu luas... nah dari itu waktu temen ane menawarkan tanah pekarangan yang dia punya dan dengan harga sangat murah langsung dah ane terima.
tapi untuk memulai suatu usaha baru rasa malu minder... jadi duri dalam diri.... ga jalan2 selama 3bulan kurang dari waktu sewa. gimana mo bertani pegang pacul aja malu... hihihih akhrinya berkat dorongan istri.... dimulailah projek itu.. seiring waktu berjalan kurang lebih 2 minggu selesailah kandang jahe ukuran 3mx1m tersebut... wah hati dah berbunga bunga dengan impian yang tinggi.bisa beli sepeda baru nih akhr tahun... kemudian seiring berjalan waktu ada beberapa kendala yang tidak disangka2 ... dan hal ini menjadikan pengalaman berharga buat saya . harga murah belum tentu bagus... kendala nya salah satunya ada beberapa bahan yang hilang.. tidak bisa memantau karena tempat yang jauh dari rumah.... akhirnya mulai putus asa lagi... saya biarkan lagi kerjaan itu... karena pikir dipikir .. buat apa cape2 toh hasilnya ntar di ambil orang...?????
akhirnya selang 2 minggu dari mandeg kerja.. datang ane ke ortu... ternyata ortu ane ngerti usaha ane dan kendala ane... udah gitu dikasih wejangan yang bagus dan membekas di kalbu ane... gini ceritanya.. ortu ane bilang"anggap itu sebagai hobi dulu/ kesenangan,, jangan berfikiran untung/profit dulu..." akhirnya semangat ane tumbuh kembali.... yah biarlah mo di curi mo di apakan tereserah dah... yang penting ane seneng dan dapet ilmunya... akhirnya ane mulai lagi.. pertama tanggal 23 /4/2014 ane bikin media tanamnya duulu ... bikin bokashi... bahanya cuman kohe,dolomit,dedak, jerami, em4. udah di udeg jadi satu.. terus tutup pake persal<seharusnya terpal>>karena takut dicuri akhirnya ane pake yang murah2 wkkwkkwk> campuran itu ane taruh tanah udah itu ditutupin terpal.. hehe... mungkin minggu besok ini mo ane lihat.. udah mateng belum BOKASHInya?? tanda mateng kohe nya jadi hitam... dan tumbuh jamur putih diatasnya... sambil nunggu ane bikin ramuan organik.. didapat dari google dan komonitas sosial lainnya.. btw sekian dulu cuap cuap ane... ntar lanjut lagi... hehehe tobe continueddd





0
1.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan