Pengaturan

TS
ularpiton
Pendakian gunung Slamet SenjaPala
20 Januari 2013 kami berempat Saya Nandar, pmen, thaherr dan arot berangkat dari stasiun senen menuju purwokerto dengan menggunakan kereta api progo pukul 20.30 malam. Setelah satu setengah jam perjalanan kami berhenti di sekitar stasiun Karawang, saat saya bertanya kepada salah satu petugas keamanan, ia bilang kereta sedang di perbaiki listriknya yang konsleting. Memang sejak lepas landas dari stasiun senen dan melewati stasiun Jati negara lampu lorong kerta mati semua. Sudah 2 kereta yang mendahului kami namun kereta ini belum siap berlari.

Spoiler for pic:

Di media sosial saya lihat banyak orang yang update kalo langit dan bulan malam ini sangat indah. Semoga terus begitu sampai saya muncak nanti. Yang saya lihat dari sini memang cerah langitnya tetapi bulannya nampak tertutup awan yang berbentuk sisik.

Akhirnya setelah 7 jam perjalanan kami pun sampai di stasiun purwokerto. kami duduk dulu di pinggiran veron untuk mengatur rencana sambil minum teeh yang menurut saya rasanya kurang enak tapi pmen sama si arot doyan bener... dan makan tempe mendoan dingin yang harganya lumayan mahal 5000 3.. .
Setelah berunding kami sepakat untuk berngkat menuju base camp bambangan setelah solat subuh dan mencarger hape.

Spoiler for pic:

Setelah saya , arot, thaher selesai solat ternyata pmen sudah mendapatkan mobil carterean munuju basecamp bambangan. Angkot orange ini yang akan mengnatarkan kami sampai basecamp, harga sewanya 160 rb kami bagi ber 4. Di perjalan kami berhenti sebentar di pasar tradisional kalo kata pmen sama arot Pelelangan #leluconGunung. kami beli beberapa perbekalan seperti minyak goreng, kentang, terigun, bumbu-bumbu, dan sayuran.

Dalam perjalanan ke basecamp kami melewati banyak objek wisata seperti waterpark obong yang ada di purbalingga dan tempat wisata goa lawa. akhirnya kami bisa melihat gunung slamet dari dekat sebelum mendakinya. Setelah 2 jam perjalan kami pun sampai di BaseCamp bambangan dan langsung di sambut tim sar Purbalingga yang sedang berkumpul di Balai pendakian. Kami langsung menghampiri dan ngobrol ngobrol sedikit tentang pendakian gunung slamet.Setelah itu kami beristirahat sambil ngobrol ngbrol dengan kepala tim sar bambangan di sebuah warung depan balai pendakian. Banyak yang kami obrolkan disana tapi tidak bisa saya ceritakan disini, heheh.

Obrolan kami berhenti ketika makanan kami telah siap di dapur warung itu. akhirnya kepala tim sar itu pun mempersilahkan kami untuk makan terlebih dahulu. Kami makan dengan lauh telor, Tempe Mendoan dan sayur yang penaaakk tenannn. Setelah berangkat kami segera minta izin untuk berangkat ke pos base camp yang sedikit ada dibawah warung. kami wajib membayar 6000 untuk satu orang.

Spoiler for pic:

Tepat pukul 10.00 kami memulai pendakian di temani awan mendung padahal pagi tadi terang matahari yang membuat kami semangat. Sekarang tetesan air yang menyambut kami setelah melewati plang Pendakian. kami berjalan perlahan tapi pasti. Hujan membesar tapi cepat reda dan cepat pula deras lagi. Setelah berjalan selama 2 jam akhirnya kami sampai di pos 1. Kami bertemu 2 pendaki yang sedang beristirahat disana dan menanyakan jalur selanjutnya. ia bilang perjalan dari pos 1 ke pos pos selanjutnya hanya 1 jam. cukup 10menit kami disana dan kami pun melanjutkan perjalan kembali. Benar memang ternyata perjalan ke pos 2 hanya di tempuh selama 1 jam. tapi dalam perjalan ke pos 3 kami menemui kesulitan karena hujan yang semakin deras disertai petir yang menggelegar.

Perjalan sudah 2 jam dari pos 2 tapi kami tidak menemukan pos 3. kami sudah kecapean lantaran belum makan siang. Kami terus berjalan, nah ternyata kami sudah sampai di Pos 4 yaitu Samarantu.kami heran karena kami tidak lihat pos 3.

kami sepakat untuk makan siang disini. Kami membuka perbekalan dan peralatan makan dan langsung memasak 4 bungkus mie. hujan terus turun membasahi kami saat kami makan di pos 4. Saya mengusulkan untuk terus melanjutkan perjalan karena ada masukann kalo di gunung slamet jangan ngcamp di pos pos genap tapi harus di pos pos ganjil.

Spoiler for pic:

Sejam perjalan akhirnya kami sampai di pos 5 dengan stamina yang bener bener terkuras oleh hujan. kami langsung masuk dan manaruh carier dan mengeluarkan tenda dan membangun tenda di dalamnya.

Setelah Sampai saya langsung di persilahkan masuk oleh pmen yang telah sampai terlebih dahulu karena memang saya sampai paling belakang. Saya letakan carier dan langsung membongkar isinya, saya berikan bungkusan kuning seberat hampir 10 kg ke pmen. Bungkusan itu adalah tenda lafuma yang biasa kami pakai naek gunung tenda yang cukup hanya 4 orang jika ada saya tapi muat 5 orang kalo gk da saya karena saya biasa makan tempat banyak saat tidur di tenda. hehehe

Selesai mendirikan tenda saya kami langsung bergegas memasak. masakan yang pertama kami buat adalah AIR hahaha. karena memang kami semua butuh minuman hangat untuk meningkatkan suhu tubuh kami. Ternyata memang perjalan darii base camp ke pos 5 benar benar membuat kami lelah sangat. sampe sampe arot langsung gelar slepping bag dan tidur, di ikuti dengan taher yang masuk tenda dan tidur.

Tinggal saya dan pmen yang masih diluar tenda, pmen masak nasi saya masak air. Setelah nasi matang pmen langsung menyiapkan makanan yang spesial di bawa dari jakarta yaitu AYAM GORENG :-). Makanan ini memang sudah direncanakan jauh jauh hari oleh pmen. Karena ayam yang sudah di ungkep dirumah tidak akan busuk jika di bawa ke gunung. Memang benar karena suhu digunung sudah seperti Lemari Es. Pmen menggoreng Ayam 4 potong untuk kami namun kayanya warga pos 5 cuma tinggal 2 orang yang masih melek jadi jatah 4 potong buat 2 orang.

Setelah selesai makan kami pun bergegas masuk tenda waktu sudah pukul 7 malam dan hujan belum juga berhenti. kami mengatur posisi tidur terlebih dahulu karena tidurnya arot sama taher makan tempat. setelah merasa nyaman saya memejamkan mata dan langsung Bless. Tewas seketika.. heheh

Spoiler for pic:

Dalam hati saya masih berfikir untuk muncak pagi nanti tapi melihat kondisi fisik kami yang benar benar kelelahan sepertinya tidak bisa. tapi lihat nantilah karena pmen sudah buat alarm jam 01.00 . kita liat nanti.

Tak terasa tidur waktu sudah pukul 12.00 malam. suara tikus di luar tenda membuat saya berfikir, wah iya ayam diluar tenda seinget gw belom gw tutup, saya langsung teriak " men men ayam diluar udah di tutup belom kayanya ada tikus dah di luar gw denger suaranya" . Pmen langsung bangun " Wah iya belom di tutup " pmen langsung ke luar tenda dan melihat keadaan Menu spesial kami. Allhamdulilah aman gk terjadi apa apa dengan menu spesial kami. Setelah teriakan itu semua terbangun mungkin karean laper juga heheh. Pmen langsung nyuruh arot sama taher makan tapi ayam gorengnya tiggal 1 jadi harus goreng lagi katanya.

Setelah mereka makan pmen bilang kayanya kita gk bisa muncak sekarang karena memang kayanya kita masih cape sama cuaca di luar pos 5 yang masih tertutup kabut dan awan mendung. Saya kembali tidur tapi arot dan taher asik ngeteh dan makan malem.

Pagi ini kami bangun pukul 07.30 dan langsung membuat minuman hangat dan menjemur pakaian basah di luar.

Spoiler for pic:

sekedar informasi pas saya kesana kemarin cuaca pagi hari sangat cerah namun tepat pukul 09.00 kabut mulai naik dari lembah dan beberapa lama kemudian hujan mulai turun.

Setelah itu kami berempat pergi mengambil air yang tidak jauh dari pos 5. Pukul 10.00 kami selesai makan di antara kami berempat yang langsung tidur adlaah arot sedangkan pmen sedang mencari tempat buat BAB nah kalo taher sedang bersih bersih peratalannya di luar.