Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Mengapa Kita Sering Lapar Saat Mencium Makanan? INI JAWABANNYA


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian baru yang didanai oleh Dewan riset Eropa yang diterbitkan dalam Jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bagaimana sistem endocannabinoid mengontrol asupan makanan dengan menggunakan indra penciuman.

Endocannabinoids adalah bahan kimia yang diproduksi di dalam tubuh dan digunakan untuk mengirim pesan antarsel.

Sistem endocannabinoid adalah jaringan reseptor neuron, enzim dan endocannabinoids yang terdapat di otak hewan dan manusia. Reseptor dalam sistem endocannabinoid yang berhubungan dengan sensasi, seperti euforia, kecemasan, dan rasa sakit.

Para ilmuwan tahu bahwa ketika kita lapar, tubuh kita meningkatkan kinerja indra penciuman dalam rangka meningkatkan kemampuan kita untuk mencari makanan.

"Peningkatan bau memungkinkan kita untuk menemukan sumber makanan," kata penulis studi, Giovanni Marsicano, dilansir dari Medical News Today.

Namun, mekanisme yang menjelaskan bagaimana koordinat otak menunjukkan sensasi kelaparan, indra penciuman, dan asupan makanan masih belum dipahami dengan baik. Selama kita lapar, otak meningkatkan mekanisme untuk merangsang indra penciuman.

Marsicano menggunakan tikus sebagai subyek. Sensasi kelaparan mengaktifkan reseptor CB1, lalu olfactory bulb dan korteks. Jadi, mekanisme otak akan meningkatkan kepekaan kita terhadap bau ketika kita lapar, yang pada gilirannya meningkatkan keinginan kita untuk mencari makanan.

Hewan dan manusia akan memproses bau berbeda, terutama ketika ingin mencari makanan. Marsicano berpendapat bahwa respon indra penciuman ketika lapar pada manusia lebih rendah dibandingkan hewan. Itu sebabnya mengapa otak hewan ketika lapar tidak akan bisa serasional manusia.


SUMBER
0
1.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan