sonyok2Avatar border
TS
sonyok2
7 Fakta Unik Bahasa Minang
Mudah2an gak emoticon-Blue Repost ya gan emoticon-Ngakak

7 Fakta Unik Bahasa Minang..

Cekibroottt emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

1. Bahasa Minang adalah Bahasa daerah yang hampir mendekati dan menyerupai bahasa persatuan bahasa Indonesia dibanding bahasa Daerah lain, karena pada umumnya bahasa Minang apabila ujung kata diganti huruf 'A' akan menjadi Bahasa Indonesia baku, contoh : Bilo jadi Bila, Sapo jadi Sapa dll
"Ketawa jadi galak wkwkwk.. emoticon-Ngakak "

2. Bahasa Minang bahasa yang mudah dimengerti dan banyak orang dari daerah lain yang bisa berbahasa Minang. Sedangkan orang Minang sendiri paling susah bisa berbahasa daerah lain.
"Nan kalamak dek awak sajo yo " emoticon-Sundul Gan (S)

3. Sepandai-pandainya orang Minang berbahasa Indonesia, maka logat Minangnya tetap susah dihilangkan, contoh : "Siapa bilang orang Minang kalau bicara pakai bahasa Indonesia sering kebawa-kebawa logat Minangnya? Ga ada tu doh.. emoticon-Ngakak "
"Hahahaha ko nan paliang acok tajadi"

4. Umumnya orang Minang yang tinggal didaerah lain (rantau) paling malas menggunakan bahasa Indonesia ketika berbicara dengan orang yang bukan berasal dari Minang, apa lagi kalau dihadapan teman-temanya sesama orang Minang
"Sagan dakek kawan-kawan "

5. Setiap daerah, kota, kabupaten, nagari dan jorong di Ranah Minang mempunyai logat dan ragam bahasa yang berbeda-beda.
"Arti bahaso samo, logat babedo-bedo"

6. Seperti Indonesia yang mempunyai bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia, bahasa Minang pun mempunyai bahasa persatuan yang bisa dimengerti masyarakat Minang pada umumnya, yaitu bahasa yang dipakai oleh masyarakat Bukittinggi dan Kota Padang yang nama bahasanya Baso Padang.

7. Bahasa Minang tidak mengenal dan tidak memakai awalan sepeti : Ter, Ber, Te, Be dll, juga tidak memakai ujung kata seperti : Ung, Ir, Ut dll..
Contoh :
Ter jadi Ta -> Terlalu jadi Talalu
Ber jadi Ba -> Bersama jadi Basamo
Ung jadi Uang -> Burung jadi Buruang
Ut jadi Uik -> Semut jadi Samuik
Ir jadi ia -> Air jadi Aia

Sekian dulu gan .... emoticon-Salaman emoticon-I Love Indonesia
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan