hp70Avatar border
TS
hp70
44 SAAB GRIPEN NG MEDIUM CLASS TNI AU
Maaf ...Nubie belajar posting

44 SAAB GRIPEN NG MEDIUM CLASS TNI AU
Tender untuk pengadaan pesawat pengganti F5 Tiger telah selesai, diantara 4 kandidat yang bersaing telah dipilih salah satunya. Pesawat tempur SAAB Gripen NG dari Swedia telah dipilih menyisihkan 3 pesaing utamanya, yaitu Eurofighter Thypoon, Rafale dan F16 Blok 60. Dipilihnya Gripen NG ini bukan hanya karena paling murah biaya pengopersiannya saja tetapi juga dikarenakan sudah disertai TOT penuh, yang dimasa mendatang akan mampu memproduksi pesawat ini sendiri dan mengembangkan proyek IFX hasil kerjasama dengan Korea Selatan. Selain itu masih mendapat paket tambahan berupa pelatihan, simulator, 8 AEW, suku cadang dan sistem pengintegrasiannya.

Jumlah yang telah disepakati adalah 44 buah, yang akan dibagi menjadi 2 skuadron besar (22 pesawat), dimana pengiriman batch pertama adalah tahun 2015. Lamanya waktu pengirimannya ini dikarenakan adanya pesanan 'khusus' dari Indonesia yang berbeda dari Gripen NG aslinya, baik jeroannya maupun persenjataannya. Namun pada tahun ini juga akan datang 10 Grippen dari AU Swedia dengan status pinjam pakai yang akan dikembalikan ketika Grippen NG telah datang 1 Ska.

Keunggulan Gripen NG dan Transfer Teknologinya Bagi Indonesia
Melihat keunggulan yang ditawarkan ke Swiss, Thailand dan Brazil, maka tak ragu mengenai keunggulan offset dan kerjasama yang ditawarkan Gripen NG nantinya akan memiliki dampak signifikan bagi BUMNIS Indonesia, terutama bagi PT DI dan PT LEN yang tentunya akan memperoleh teknologi yang akan dikembangkan tidak sedikit, melainkan akan menjadi suatu loncatan besar ke depan bagi industri kita. Bisa menyediakan perawatan dan memiliki kemampuan ekspor komponen pesawat tempur tentulah banyak dicita-citakan oleh teknokrat kita. Selain itu jika kita membeli system Erieye seperti yang dimiliki Thailand, maka system ini bias dipasang di CN-235 yang diproduksi PT DI.

Dan yang kedua tentunyalah kita tidak rugi mengoperasikan alutsista yang serba bisa ini untuk saling mengisi dengan armada Flanker kita karena kemampuanya yang besar seperti yang disebutkan di atas mampu berperan sebagai mini AWACS, misi serang maritim, serang darat dan patroli udara. Tentunya ini suatu kemajuanbesar bagi pertahana negeri ini. Ibaratnya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui karena kita memiliki alutsista canggih, memiliki kemampuan bekerjasa di bidang AEW yang dipasang di CN-235 dan bisa ditawarkan di pasaran ekspor dengan menggandeng SAAB, kemampuan merawat Gripen dan menjadi partner SAAB, serta menjadi produsesn komponen Gripen NG untuk diekspor bagi negara calon pemakainya.

Sumber
http://militernkri.blogspot.com/2013...ss-tni-au.html

Benar ngga yah info diatas ? Bagaimana dg si SU 35?
klo repos del aja...

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
40.3K
219
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan