maskitongamukAvatar border
TS
maskitongamuk
Whatsapp di PC: Mending Pakai Emulator YouWave dari pada BlueStacks

Udah pernah ada yang bikin thread ini, ane cuman coba bikin yang lebih terperinci. Sekarang makin menjamur aplikasi messenger untuk smartphone, Skype, LINE Messenger, Whatsapp, Viber, ChatON, Kik Messenger, WeChat, dan yang iklannya sedang gencar banget KakaoTalk. Tapi tetap saja ada satu yang lebih menonjol dari yang lain, karena lebih populer, dan juga karena kemampuan "cross-platform"-nya (bisa diinstall di banyak operating system) lumayan banyak, dia bisa di-install di:

1. Android
2. iOS
3. BlackBerry
4. Windows Phone
5. Symbian
6. Nokia S40

Messenger yang "cross-platform"-nya lumayan banyak itu adalah Whatsapp! Whatsapp memiliki fitur-fitur yang relatif lengkap:

1. ada kolom STATUS
2. bisa GROUP CHAT
3. bisa BROADCAST MESSAGE
4. notifikasi status pesan: TERTUNDA atau TERKIRIM
5. ada EMOTICON
6. konten yang didukung pada chat: GAMBAR, VIDEO, AUDIO, LOKASI

Namun fitur-fitur berikut yang terdapat di messenger lain, Whatsapp tidak menyediakannya:

1. tidak ada VOICE CALL (VoIP) ---> messenger lain yang bisa: Skype, LINE, Viber, dan WeChat
2. tidak ada VIDEO CALL ---> messenger lain yang bisa: Skype dan Wechat
3. tidak tersedia untuk platform PC (desktop, laptop, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8) ---> messenger lain yang menyediakan: Skype dan LINE

Fitur VOICE CALL daN VIDEO CALL supaya tersedia di Whatsapp tidak mungkin direkayasa sendiri, namun agar Whatsapp bisa di-install di platform PC (desktop, laptop, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8) ada cara untuk mengakalinya. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Sediakan handphone "GSM" (jangan CDMA!!) apa saja, benar-benar handphone "apa saja" (hape jadul, hape butut, hape "telanjang" [hape gak ada casing tapi "jeroannya" masih idup], dan sebagainya semuanya bisa), yang penting sedang "menyala", bisa terima SMS dan bisa terima telepon saat ini juga, nomernya sedang aktif pula sekarang, nomer yang aktif ini belum terdaftar sebagai nomer PIN Whatsapp.

2. Alternatif dari nomer satu di atas adalah, menggunakan 'Wireless "GSM" USB Modem' (modem-stick yang kayak flashdisk itu) dengan syarat, nomer GSM yang ada di dalamnya masih aktif dan bisa terima SMS saat ini juga. Modem-stick ini TIDAK perlu bisa terima telepon, cukup bisa terima SMS saja.

3. Tujuan dari disediakannya point satu atau dua di atas adalah untuk verifikasi nomer kode aktivasi akun Whatsapp melalui SMS (teks berupa kode nomer) maupun melalui telepon (suara yang menyebutkan kode nomer)

4. Sediakan EMULATOR Android, software yang berfungsi menirukan operating system Android di dalam platform PC (desktop, laptop, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8). Ada beberapa EMULATOR Android: (i) BlueStacks, (ii) YouWave, (iii) AndroVM, (iv) Jar of Beans, (v) Android-x86. Yang relatif populer adalah YouWave dan BlueStacks. BlueStacks populer karena GRATIS, tapi sayangnya RAKUS memory dan MANJA graphic-card, ideal RAM-nya 2 GB ke atas (minimal RAM-nya 1 GB, tapi ini biasanya masih bikin lemot dan tersendat), minimal ruang kosong di hard disk 2 GB juga. BlueStacks juga sering TIDAK cocok dengan SEMBARANG graphic-card dan sering menuntut graphic-card yang kinerjanya tinggi dan up to date. Jelas BlueStacks tidak cocok untuk dijalankan di laptop yang spesifikasinya "pas-pasan". BlueStacks hanya menampilkan dan menjalankan aplikasi-aplikasi Android, dia tidak memiliki tampilan "HOME" ala smartphone Android. Sedangkan YouWave jauh lebih bersahabat dalam banyak hal. Minimum spek yang dibutuhkan juga ringan: Intel Pentium 1.6GHz CPU, 1GB DRAM, 500MB disk space, Windows XP, Vista , Windows 7 32/64 bit, di tes di laptop irikiplik (notebook) yang bisanya cuman "ngetik doang" yang tidak ada "dedicated graphic-card" (VGA-nya menyatu dengan motherboard), eeeh ... jalan juga itu YouWave dengan lancar jaya! Sudah begitu YouWave sangat "user friendly", jadi jelas pilihan jatuh ke YouWave!

5. Sayangnya YouWave TIDAK GRATIS alias MBAYAR! Tapi untungnya masih ada yang berbaik hati untuk sudi mengerjakan "PR" dan membagi-bagikannya di sini http://tipny.blogspot.com/2013/01/yo...roid-home.html Klik tulisan "Download" di dalam kotak yang berjudul "YouWave for Android Home", hasil download-annya dalam bentuk file zip, dan ada password yang bisa diperoleh dengan mengklik "Zip Password:- Click Here" yang letaknya tak jauh dari tulisan "Download". Klo ribet ngeklik mulu, ini dia passwordnya: www.mediafirekiks.net (passwordnya tulisan alamat website ini, ketik ulang alamat ini atau copy paste saja!).

6. Setelah diekstrak, di dalam folder download-an tadi akan terdapat file Setup.exe dan file dalam folder patch Youwave.Android.v2.x.x.Generic.patch-RES.exe buat nge-"krack". sejauh ini sudah di-tes dan dicoba, patch itu "aman-aman" saja.

7. Matikan dulu anti virusnya untuk sementara. Koneksi internet biarkan saja tetap hidup. Install YouWave "sebagai administrator" (untuk Windows 7: klik kanan Setup.exe > Run as administrator), setelah selesai instalasi jangan dijalankan dulu YouWave-nya!

8. Copy file Youwave.Android.v2.x.x.Generic.patch-RES.exe dan paste ke direktori di mana terinstall YouWave tadi, contohnya, bila di-install di Windows 7 64 bit, maka paste-nya ke direktori ini C:\Program Files (x86)\YouWave_Android sekali lagi pastikan bahwa anti virusnya sudah DIMATIKAN sementara ini! Jalankan itu Youwave.Android.v2.x.x.Generic.patch-RES.exe (untuk Windows 7: klik kanan Youwave.Android.v2.x.x.Generic.patch-RES.exe > Run as administrator), lalu klik tombol "Patch"! Lalu setelah proses "Patch" selesai, file Youwave.Android.v2.x.x.Generic.patch-RES.exe yang tadi di paste di dalam direktori C:\Program Files (x86)\YouWave_Android sebaiknya di-DELETE saja, biar nanti saat anti virus dinyalakan dia tidak "menjerit"!

9. Sekarang anti virus sudah boleh DINYALAKAN lagi. Download Whatsapp untuk Android di situs resminya di http://www.whatsapp.com/android/curr...t/WhatsApp.apk selama setahun ke depan Whatsapp boleh dipakai gratis, tapi setelah satu tahun bila ingin terus memakainya akan dikenakan biaya sebesar $0.99 USD/year (Murah kan? cuman sekitar Rp 10.000,- per satu tahun. Masih males mbayar juga?! Maunya yang TOTAL gratis?! Hahaha ... ada caranya, tapi tidak sekarang emoticon-Ngakak )

10. Copy file hasil download-an tadi WhatsApp.apk dan paste ke direktori C:\Users\"Nama Komputer"\youwave

11. Jalankan YouWave, lihat di dalam jendela emulator, di sisi sebelah kiri terdapat ikon WhatsApp, dobel klik ikon WhatsApp > klik "Agree and Continue" > pilih YOUR COUNTRY "Indonesia" > isi YOUR COUNTRY CODE AND PHONE NUMBER dengan 62 (angka "62" ini biasanya sudah muncul sendiri) dan nomer GSM yang sedang "menyala dan aktif" saat ini juga (buang angka nol di paling depan, misalnya nomer kita adalah 08128 00 08128, maka yang ditulis cukup 8128 000 8128)! > klik OK > tunggu beberapa saat sampai terkirim SMS kode verifikasi ke nomer yang kita isikan tadi > tunggu sampai muncul "SMS verification failed" > klik tombol "Call me" > masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS tadi ke dalam kotak yang tersedia > setelah kode diisikan lengkap, klik OK > “Verivication Complete”

12. WhatsApp pun siap digunakan! Yang harus diperhatikan adalah:
a. WhatsApp tak bisa di-install dua kali di dua tempat yang berbeda (di SMARTPHONE dan di PC misalnya) menggunakan SATU NOMOR GSM yang SAMA, jika itu dilakukan maka instalasi WhatsApp yang sebelumnya akan otomatis tidak aktif. Contoh, sudah terinstall WhatsApp di BlackBerry, saat di install WhatsApp di PC menggunakan verikasi nomer BlackBerry yang tadi itu juga, otomatis WhatsApp yang di BlackBerry akan mati!
b. Android itu mengutamakan fitur "layar sentuh", jadi saat berinteraksi dengan YouWave mengunakan mouse, jangan dicari tombol-tombol "geser" ala Windows, melainkan dengan jurus-jurus yang agak berbeda, misalnya "klik+tahan+geser".

Semoga bermanfaat.
Diubah oleh maskitongamuk 05-05-2014 09:09
0
90.7K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan