Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nnif.chaAvatar border
TS
nnif.cha
[ANALISIS] Makan dengan tiga jari ala Rasulullah SAW [FAKTA = Muslim Masuk]
Hai agan-agan semua yang kece-kece. Kali ini ane mau sedikit curhat aja. Tapi maaf sebelumnya kalo emoticon-Repost. Tapi ane pastiin enggak kok gan. Masih mau bukti??
Spoiler for Bukti:


Jangan lupa dikasih emoticon-Rate 5 Star

Well, kali ini ane tergelitik dengan salah satu anjuran Rasulullah SAW tentang adab makan dengan menggunakan tiga jari. Dari beberapa sumber, ane bisa menyimpulkan kalo makan dengan menggunakan tiga jari merupakan hal yang dianjurkan.
Spoiler for Makan Tiga Jari:


Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam biasa makan menggunakan tiga jari (Ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah). Setelah makan, beliau biasa menjilati jari-jari tersebut sebelum mencucinya.

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya (no. 2032) :

حَدثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ عَبْدِ الرحْمَنِ بْنِ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَأْكُلُ بِثَلَاثِ أَصَابِعَ، وَيَلْعَقُ يَدَهُ قَبْلَ أَنْ يَمْسَحَهَا»

Menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya, mengabarkan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Hisyam bin Urwah dari Abdurrahman bin Sa’d dari Ka’ab bin Malik dari Bapaknya yang berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu makan dengan menggunakan tiga jari, dan menjilati jari-jari tersebut, sebelum membasuhnya.”

Dulu sewaktu ane masih kecil agak gedhe, ane dikasih anjuran seperti ini oleh ustadz ane. Sesampai dirumah dan waktunya makan, ane coba terapin itu deh. Kalo gak salah pada waktu itu ane makan nasi dengan sayur sop (pasti agan-agan semua tau lah makanan yang ane maksud). Dari situ ane merasa kesulitan ketika menghabiskan makanan tersebut. Akhirnya ane pun makan dengan lima jari plus kalo orang jawa bilangnya “dikokop” tu kuahnya.

Setelah ane telisik lebih dalam, ternyata sunnah tersebut dianjurkan karena faktor makanan. Yap, kalian tau sendiri kan makanan pokok daerah timur tengah itu apa? Jawabannya adalah ROTI.
Spoiler for Roti:

Roti merupakan makanan pokok penduduk Arab pada zaman dahulu. Dulu, sebelum negara tersebut maju seperti sekarang ini, makanan penduduk sekitar adalah seadanya. Bukan seperti yang kita temui pada saat ini yang sangat beragam.

Ketika roti yang dimakan dengan menggunakan tiga jari nggak akan menimbulkan kesulitan, namun gimana jadinya kalo yang dimakan kaya begini??
Spoiler for Nasi:

Spoiler for Mie:

Spoiler for Sagu:

Jadi intinya, makan dengan tiga jari sangat dianjurkan bagi makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari, namun bagi makanan lain boleh menggunakan lebih dari tiga jari atau menggunakan bantuan alat seperti sendok, garpu, dll.

Sekian trit ane. Apabila berkenan TS mau kok dilempar emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh nnif.cha 30-11-2013 06:38
0
2.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan