JusapAvatar border
TS
Jusap
Siap-Siap! Harga Rumah Turun Tahun Depan


JAKARTA - PT Fitch Ratings Indonesia memprediksi harga rumah akan mengalami penurunan tahun depan. Hal tersebut dikarenakan adanya regulasi baru terkait pengetatan Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Seperti dikutip dari keterangan tertulis Fitch Ratings, Rabu (20/11/2013), harga rumah yang turun adalah untuk kalangan menengah ke atas. Hal tersebut dikarenakan pembeli kelas menengah atas akan lebih memilih menunda membeli rumah.

Fitch juga melihat, pengembang besar akan lebih memilih menahan cadangan tanah yang dimiliki. Hal itu menghindari biaya rendah akan konstruksi dan penghematan anggaran.

Pengembang besar seperti PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Alam Sutra Realty Tbk (ASRI) dan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) tercatat masih memiliki pendapatan dari sektor lainnya selain perumahan.

Lippo misalnya, mengoperasikan berbagai pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Sementara itu alam sutra juga mengoperasi pusat perbelanjaan.

Fitch mencatat, harga rumah di Indonesia meningkat hingga 30 persen per tahun sejak tiga tahun terakhir. Untuk itu, upaya pemerintah mengontrol KPR diharapkan bisa mengerem pertumbuhan tersebut. Fitch juga menyebut, pembeli rumah di Indonesia cenderung sama seperti di negara berkembang lainnya. (nia)

sumber: http://property.okezone.com/read/201...un-tahun-depan
0
2.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan