Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
Tak cuma bantu cadangan devisa, China juga siap utangi Indonesia
Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan identitas negara yang bersedia melakukan pertukaran cadangan devisa (Bilateral Swap Arrangement/BSA) dengan pemerintah Indonesia. Selain Jepang, China dan Korea adalah negara lain yang dilobi dalam forum G20 di Rusia pekan lalu.

Khusus China, bantuan yang dijanjikan bukan hanya cadangan devisa, melainkan juga pinjaman siaga atau yang lebih dikenal dengan standby loan.

"Kita mendapat komitmen untuk bantuan bilateral swap, jumlahnya enggak berani saya umumkan tapi puluhan miliar dolar AS. Itu akan menambah cadangan devisa kita. Standby loan juga dari China," kata Hidayat di DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Untuk meresmikan komitmen itu, Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bakal melawat ke Tanah Air pada 2 Oktober mendatang.

Perjanjian bidang ekonomi tersebut selain antara kedua pemerintah (G to G), juga akan mencakup antar pelaku usaha (B to B). Hidayat tidak menjelaskan apakah pinjaman yang didapat pemerintah berkat mulusnya investasi tambang China di Kalimantan dan Sulawesi atau karena faktor lain.

"Yang G to G adalah standby loan, swap bilateral agreement untuk Renminbi, jadi enggak perlu pakai dolar AS. Akan ada juga B to B, yaitu perjanjian kerjasama antara Indonesia-China untuk membangun kawasan industri di Indonesia timur, khususnya kalimantan dan sulawesi," kata Hidayat.

Dengan perjanjian tersebut akan ada lebih dari 10 perusahaan BUMN asal China membangun instalasi pemurnian bahan tambang di dua pulau tersebut. Nilai investasinya mencapai USD 2 miliar.

Sehari setelah lawatan presiden China, diselenggarakan pula forum bisnis bilateral. Diikuti pengusaha dari Negeri Tirai Bambu dan Indonesia. Menperin yakin akan ada banyak perjanjian bisnis ditandatangani, kebanyakan sektor manufaktur dan infrastruktur.

http://www.merdeka.com/uang/tak-cuma...indonesia.html

semoga bermanfaat utang dan bantuannya emoticon-Stick Out Tongue
0
4.1K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan