nizar306Avatar border
TS
nizar306
Apakah kita perlu tidur? Mahasiswa wajib masuk
Welcome to My Thread


Spoiler for no repost:


Selaku mahasiswa pasti kita sering sekali yang namanya kurang tidur, dalam keadaan sibuk maupun luang, sering sekali kita menyepelekan waktu tidur, apalagi teman2 kita yang mendewa2kan akan aktivitas waktu malam dan bangga akan hal itu. Pada kenyataannya meskipun terlihat sepele tidur teratur pada malam hari sangatlah dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia.


Dikutip dari buku "Bengkel Ilmu: Mimpi"
Kita menghabiskan sekitar 30% hidup kita dalam keadaan tidur, dan sekitar 25% dari waktu itu dihabiskan dengan bermimpi.
Artinya, manusia rata-rata menghabiskan 20-25 tahun tidur dan 5-7 tahun bermimpi.
Bagi sebagian orang, tidur mungkin seperti menyianyiakan waktu, namun kenyataannya tubuh kita membutuhkan waktu tidur yang teratur.
Tidak baik bagi tubuh kita bila tidur 4 jam pada suatu malam dan tidur 15 jam dalam malam selanjutnya, walaupun beberapa dari kita berpikir ini baik saat muda. Tubuh kita berfungsi berdasarkan waktu 24-jam yang dikenal sebagai RITME CICADIA.
Ritme ini didasari oleh revolusi bumi dalam orbitnya terhadap matahari dan periode siang-malam sebagai hasilnya.
Ada kebenaran dalam pendapat umum yang menyatakan bahwa bagi pekerja yang menyatakan yang bergantian jadwal (shift), maka pekerja malam tidak seproduktif pekerja siang. Pekerjaan malam yang memerlukan input manual turun produktivitasnya 20% dibandingkan pekerjaan yang sama pada siang hari.

Note:
Ritme Circadia, Waktu internal yang bertambah cepat di siang hari dan melambat di malam hari. Kebanyakan fungsi tubuh kita - temperatur, tekanan darah, metabolisme, penghasilan hormon, dan tidur - bergerak dalam kisaran waktu ini. Tanda-tanda dari lingkungan sekitar kita, khususnya siklus siang dan malam, diperlukan untuk tetap mengatur jam ini. Apa pun yang mengganggu sinkronisasi ini akan mengganggu tidur kita pula.

Nah jadi, apapun alasannya jika bukan sesuatu yang amat penting tidurlah meskipun sedikit di waktu malam, sebab meskipun kita merasa kuat tetapi tubuh kita tetap membutuhkan istirahat dan tidur.

Sumber: http://nizarseptian.blogspot.com/201...ita-perlu.html(blog ane emoticon-Malu (S))
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan