Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miyavizmAvatar border
TS
miyavizm
Makanan Khas Bulan Ramadhan di Tiap Negara
Bulan puasa sedang kita jalani. Biasanya saat berpuasa berbagai makanan enak disajikan sebagai hidangan. Bulan Ramadhan memang kerap dimanfaatkan oleh pecinta kuliner di seluruh negara. Saat bulan Ramadhan atau puasa, berbagai daerah tertentu selalu menyediakan menu makanan yang berbeda dan unik, yang dikhususkan sebagai makanan Ramadhan agar Ramadhan lebih meriah.

Di Indonesia sendiri mempunyai banyak makanan khas ramadhan. Satu makanan yang sudah pasti selalu hadir setiap bulan ramadhan adalah Kolak. Kolak merupakan menu berbuka puasa paling tersohor di Indonesia. Kolak adalah makanan dengan beraneka isi, bisa berupa pisang, singkong, ubi, atau campuran dari ketiganya dengan kuah yang dibuat dari bahan santan dan gula, tak hanya itu, ada juga yang menambahkannya dengan pacar cina. Berikut ini adalah makanan khas ramadhan dari beberapa negara di dunia:

Lebanon
Di Lebanon banyak sekali makanan yang dijumpai ketika berbuka puasa. Menu khas untuk berbuka yang biasa dijumpai di Lebanon diantaranya adalah mezza, tabbouleh, houmous, dan berbagai macam daging panggang. Menu-menu tersebut tentu akan terasa sangat nikmat setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Mezza, dengan campuran tomat, acar, dan kacang-kacangan, masakan ini lebih sering menjadi sahabat menu utama seperti ayam, atau daging sapi. Dilihat dari cara makannya dengan menggunakan tangan, mezza benar-benar terlihat seperti makanan yang ramah bagi yang mengonsumsinya.

Spoiler for Mezza:


Yordania
Orang Yordania biasa berbuka dengan mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Selain banyak ditemui di bulan Ramadhan, Mansaf menjadi makanan istimewa bagi warga Yordania saat memperingati hari kemerdekaan Yordania.

Spoiler for Mansaf:


Spoiler for Qatayef:


Turki
Umat Muslim di Turki biasanya akan menyediakan berbagai macam menu yang khas saat Ramadhan. Namun dari sekian banyaknya, pencuci mulut yang disebut "güllaç", yang terbuat dari air mawar merupakan satu yang paling khas.

Di kota-kota besar seperti Istanbul, semua restoran dan rumah makan akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus bagi menu untuk buka puasa selama bulan Ramadhan, yaitu satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan), pastirma, sujuk, dan berbagai kue-kue yang disebut börek. Untuk hidangan utamanya sendiri terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman.

Spoiler for Güllaç:


Spoiler for Pide:


Mesir
Umat Muslim di negeri piramida ini biasa berbuka dengan medames. Medames dalah makanan khas Mesir yang sudah diwariskan turun-temurun sejak jaman Firaun. Pembuatannya sangatlah mudah. Hanya Anda harus lebih bersabar dalam merendam atau mendidihkannya, karena memang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Di samping medames yang menjadi hidangan utama, ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan waktu berbuka, seperti molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi. Orang Mesir biasanya mengatakan, "Tak ada Ramadhan tanpa medames dan molokheya".

Spoiler for Molokheya:


India
Populasi umat Muslim di India mencapai lebih dari 130 juta. Hal ini membuat bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu, terutama di daerah-daerah tertentu seperti Hyderabad. Di kota Hyderabad, menu buka puasa yang banyak dijumpai adalah Hyderabadi Haleem. Makanan ini merupakan makanan khas daerah setempat yang mirip dengan bubur gandum tradisional dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba.

Spoiler for Hyderabadi Haleem:


Bangladesh
Umat Muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara untuk minumannya, akan ada Sharbat Rooh Afza dengan berbagai cita rasa. Untuk berbuka, Rooh Afza dengan tambahan lemon adalah menu berbuka yang cukup populer di seluruh Bangladesh.

Spoiler for Rooh Afza:


Malaysia
Umat Muslim di Malaysia memiliki kebiasaan yang cukup unik, yakni berbuka puasa dengan makanan kering dan kurma segar. Ada berbagai macam makanan khas Malaysia yang tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa), seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate, dan lain sebagainya. Walupun sebenarnya makanan tersebut juga dapat dijumpai selain pada bulan Ramadhan, tapi rasanya kurang lengkap bila berbuka puasa di Malaysia tanpa menu-menu di atas.

Spoiler for Nasi Lemak:


Pakistan
Rasanya kurang sempurna jika berbuka puasa di Pakistan tanpa menu khas mereka, yaitu Samosa. Samosa adalah makanan khas lezat yang terasa pedas dan berbentuk segitiga. Menariknya, selama bulan Ramadhan, warung-warung yang menjual hidangan Samosa ini akan sangat mudah sekali dijumpai di seluruh penjuru Pakistan.

Spoiler for Samosa:


Demikian sedikit sharing informasinya. Semoga bermanfaat emoticon-Angkat Beer
Spoiler for Sumber:


By request, berikut makanan khas Ramadhan dari Indonesia
Spoiler for Khas Indonesia:
Diubah oleh miyavizm 17-07-2013 07:36
0
5.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan