Ardy.civillianAvatar border
TS
Ardy.civillian
Tradisi Membangunkan Sahur di Indonesia







Wah sempet jadi HT yah.. Makasih Momod & Mimin, dan agan, aganwati sekalian, HT Pertama Ane emoticon-Matabeloane baru bangun kompi hang semalem emoticon-Malu (S)


Marhaban ya ramadhan, akhirnya bulan suci yang kita tunggu - tunggu bersama telah tiba, bulan yang penuh berkah,

Seusai keputusan pemerintah, kemarin 08.07.2013 puasa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 10.07.2013, yang artinya nanti malam kita sudah mulai sholat tarawih gan,, pasti seru dan rame masjid - masjid pada awal puasa.. setelah sholat tarawih, pada dini hari / sebelum sholat subuh dan imsak, kita akan sahur gan, sebagai salah satu sunnah nya puasa.

nah dipostingan ane untuk yang ke #100 ini emoticon-I Love Kaskus (S) ane mau share tentang "Tradisi Membangunkan Sahur yang hanya ada di Indonesia" emoticon-I Love Indonesia (S)


Tradisi untuk membangunkan orang agar bangun untuk makan sahur memang sudah cukup memasyarakat di sejumlah daerah di Indonesia. Istilah-istilah yang digunakan untuk menyebut tradisi ini pun sangat bermacam dan berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya, di daerah Pantura warganya menyebut tradisi ini dengan istilah Komprekan, Cirebon menyebutnya dengan Obrok-burok, Tektekan di Jawa Timur dan di Semarang disebut dengan Dekdukan. Tidak hanya di pulau Jawa, di luar Jawa juga terdapat tradisi seperti ini, di daerah Gorontalo misalnya terdapat tradisi serupa yang disebut Tumbilotohe. Namun apapun namanya, semua tradisi ini memiliki satu kesamaan yakni bertujuan membangunkan masyarakat agar tidak sampai melewatkan sahur. Berikut beberapa tradisi membangunkan sahur lainnya yang berhasil dikumpulkan BerbagaiHal.


Spoiler for Ngarak Bedug atau Beduk Saur (Jakarta):


Spoiler for Ubrug-Ubrug (Kuningan):


Spoiler for Percalan (Salatiga):


Spoiler for Bagarakan Sahur (Kalimantan Selatan):


Spoiler for Dengo-Dengo (Sulawesi Tengah):


itulah tradisi tradisi membangunan sahur yang ada / pernah ada di Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
tapi sekarang sudah mulai hilang ditelan zaman gan, tergantikan oleh provider telpon selular, dengan sms gratis membangunkan sahur sekampung emoticon-Sorry

jujur ane kangen sama yang beginian gan, dlu waktu masih kecil paling semangat bangun sahur karena mau ikut yang beginian, abis itu sahur sama - sama dimasjid. emoticon-Matabelo

Spoiler for Referensi:


terima kasih udah mampir di trit ane gan,
jangan lupa dirate emoticon-Rate 5 Stardan di coment jika berkenan

selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, mohon maaf lahir dan bathin emoticon-Salaman semoga kita selalu diberikan kesehatan, dan selalu diberi keberkahan, dan diterima amal ibadah kita dibulan ramadhan ini.

Amiiin Ya Robbal Allamin...






Silahkan bagi agan - agan yang mau menambahkan tradisi bangun sahur di daerah agan emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Yang ditambahkan agan - agan:



Makasih buat anteran cendol sama abu gosoknya gan
Diubah oleh Ardy.civillian 12-07-2013 01:56
zharki
zharki memberi reputasi
1
38.8K
650
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan