plainsugarAvatar border
TS
plainsugar
Indonesia Pernah Jadi Saksi Penyiksaan Waterboarding [awas gan serem]
penyiksaan zaman dulu emang serem2 gan..mari kita baca bersama emoticon-Takut


Belanda pernah menyiksa tawanan dari Inggris dengan metode waterboarding di Maluku.


Waterboarding, yang dalam foto ini disebut waterdetail, foto diambil pada Mei 1901 di Sual, Filipina. Dikatakan salah satu prajurit, "Itu adalah siksaan yang buruk." (Wikimedia Commons)


Teknik penyiksaan waterboarding mengemuka pada tahun 2006 hingga 2009 lalu. Penyiksaan yang dianggap tidak manusiawi ini membuat korbannya mengalami shock, seperti sensasi tenggelam, dan bisa menyebabkan kematian.

Jika dibandingkan dengan cara penganiayaan lain, waterboarding termasuk sederhana. Hanya dengan mengikat korban, menutup wajahnya dengan kain, lalu siram dengan air mengalir terus-menerus, akan berefek kurangnya pasokan oksigen. Air akan menghalangi udara yang diisap korban, merusak paru-paru, dan otak. Selanjutnya korban akan mengalami shock dan bisa mengakibatkan kematian.

Waterboarding pertama kali ditemukan pada abad pertengahan di Spanyol. Kala itu, penyiksaan ini digunakan Raja Fedinand dan Ratu Isabella untuk membuat rakyatnya patuh menjalankan Dekrit Alhambra pada tahun 1400-an.

Indonesia, di bawah masa penjajahan Belanda, ternyata pernah menjadi saksi getirnya siksaan ini. Tepatnya pada tahun 1600-an ketika Belanda menyiksa tawanan bangsa Inggris di Maluku.

Disebutkan dalam A true relation of the vniust, cruell, and barbarous proceedings against the English at Amboyna in the East-Indies, Belanda menggunakan baju yang dililitkan di wajah tawanannya. Kemudian, secara perlahan, algojo menuangkan air di bagian atas wajah korban.

Baju tersebut akan dipenuhi air hingga ke bagian wajah dan mulut. Membuat korbannya, mau tidak mau, mengisap semua air tersebut ketika gelagapan mencari udara. Penyiksaan ini membuat tubuh korban menjadi dua atau tiga kali lebih besar. Dalam kata lain, membengkak. Taktik ini diteruskan hingga Perang Dunia II, Perang Vietnam, dan Kamboja.

Pascaserangan 9/11, waterboarding terkuak kembali. Secara sembunyi-sembunyi, Badan Intelejen Amerika (CIA) mengadopsi cara ini untuk mengorek keterangan dari para tawanan. Militer AS menghentikan penyiksaan ini tahun 2006 ketika dinyatakan ilegal oleh Departemen Pertahanan AS.

Namun, CIA yang bukan bagian dari militer AS, baru menghentikannya pada 2009. Setelah ada perintah langsung dari Presiden Barack Obama.
(Zika Zakiya. Sumber. Angkasa, pelbagai sumber)




coba para koruptor di gituin emoticon-Big Grin



yuk mampir ke trit ane nyang laen emoticon-Smilie
Leluhur yang hilang
Kostum ramah lingkungan ala Jokowi
Misteri mumi raja berlapis emas
Tujuh hewan berwarna pink menggoda
Mantap! C.Ronaldo tidak menerima uang saat menjadi duta
Yang punya akun email yahoo tapi gak pernah dibuka, siap-siap!
Goma, kota paling berbahaya di muka bumi
"kapal hantu" dari era Gold Rush
Agan suka jalan-jalan? coba ngalahin rekor capung ini
Hidung Pesek selamatkan Nyawa Makhluk Ini
0
8.3K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan