Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abunazra12Avatar border
TS
abunazra12
SEJARAH DAN MITOS PIALA KONFEDERASI
Halo agan-sista kaskuser semua, nubi mau bikin trit nih.. semoga aja laku. emoticon-Malu

Agan-sista, terutama yang gemar nongkrongin bola pasti tahu tentang piala konfederasi. Itu lho kejuaran yang saat ini diselenggarakan di Brasil. Piala Konfederasi adalah kejuaraan sepak bola resmi yang diadakan FIFA yang mempertemukan tim juara dari setiap konfederasi yang berada di bawah naungan FIFA. Setelah mengalami berbagai perubahan, pada akhirnya Kejuaraan ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali, yaitu setahun sebelum berlangsungnya Piala Dunia FIFA. Adapun tempat Berlangsungnya kejuaraan ini adalah negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia yang akan digelar tahun depannya.

Awalnya Piala Konfederasi diselenggarakan pertama kali di Arab Saudi dengan nama Piala Raja Fahd pada tahun 1992 hingga tahun 1997. Di tahun 1997 ini, FIFA sudah mulai mengorganisir piala ini sehingga nama piala konfederasi sudah mulai digunakan. Kemudian kejuaraan ini menjadi agenda resmi FIFA dan diadakan pertama kali di Meksiko dengan nama resmi Piala Konfederasi FIFA pada tahun 1999, hingga tahun 2005 ajang ini diadakan dua tahun sekali. Di tahun 2009, ajang ini Diadakan kembali pada di Afrika Selatan yang bertindak sebagai tuan rumah piala dunia 2010. Semenjak itu, Piala konfederasi disepakati untuk dilaksanakan empat tahun sekali tepatnya 1 tahun sebelum piala dunia digeber. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan tuan rumah dalam menyelenggarakan piala dunia yang akan datang. Tahun ini, piala konfederasi diadakan di brasil yang merupakan tuan rumah piala dunia 2014.

Adapun tim yang bertanding dalam turnamen ini adalah 6 tim juara dari konfederasi yang dinaungi fifa, yakni, Asia, Afrika, Eropa, Concacaf, Oseania, & Conmebol. Ditambah 1 tim juara dunia dan 1 tim tuan rumah penyelenggara piala dunia. Mulanya, ketika pertama kali dilaksanakan di tahun 1992 dengan nama piala raja Fahd, turnamen ini hanya diikuti oleh 4 tim, kemudian tahun 1995 menjadi 6 Tim, tahun 1997 menjadi 7 tim. Di tahun 1999, ketika turnamen ini secara resmi diselenggarakan FIFA, peserta turnamen ini ditambah menjadi 8 tim. Untuk lebih jelasnya kita ikuti berita selengkapnya : emoticon-Ngacir


PIALA KING FAHD 1992
Tuan rumah : Arab Saudi
Peserta : Arab Saudi, Argentina, AS, Pantai Gading.
Juara : Argentina

PIALA KING FAHD 1995
Tuan Rumah : Arab Saudi
Peserta : Arab Saudi, Argentina, Denmark, Jepang, Nigeria, Meksiko
Juara : Denmark

PIALA KONFEDERASI 1997
Tuan Rumah : Arab Saudi
Peserta : Arab Saudi, UEA, Afsel, Meksiko, Brazil, Australia, Rep. Ceko.
Juara : Brazil

PIALA KONFEDERASI 1999
Tuan Rumah : Meksiko
Peserta : Meksiko, Brazil, Bolivia, Jerman, Selandia baru, Arab Saudi, AS, Mesir.
Juara : Meksiko

PIALA KONFEDERASI 2001
Tuan Rumah : Korsel & Jepang
peserta : Korsel, Jepang, Meksiko, Kanada, Australia, Kamerun, Brasil, Prancis.
Juara : Prancis

PIALA KONFEDERASI 2003
Tuan Rumah : Prancis
Peserta : prancis, Brasil, Turki, Jepang, Kamerun, Selandia Baru, AS, Kolombia.
Juara : Prancis

PIALA KONFEDERASI 2005
Tuan Rumah : Jerman
Peserta : Jerman, Brasil, Jepang, Yunani, Argentina, Tunisia, Meksiko, Australia.
Juara : Brasil

PIALA KONFEDERASI 2009
Tuan Rumah : Afrika Selatan
Peserta : Afsel, Italia, AS, Brasil, Irak, Mesir, Spanyol, Selandia Baru.
Juara : Brasil

PIALA KONFEDERASI 2013
Tuan rumah : Brasil
Peserta : Brasil, Italia, Spanyol, Tahiti, Nigeria, Meksiko, Uruguay, Jepang.
Juara : ?


Distribusi Juara :
Brasil : 3
Prancis : 2
Meksiko : 1
Argentina : 1
Denmark : 1


MITOS PIALA KONFEDERASI

Ketika zaman semakin modern, dan manusia telah meninggalkan hal-hal yang berbau mistis dan irrasional, justru dunia sepakbola masih mengagung-agungkan hal-hal yang irrasional dan bernuansa mitos. Dalam setiap turnamen atau pertandingan, ada saja mitos yang berkembang. Benar atau salah, Wallahu A’lam. Yang jelas, adanya mitos yang mewarnai sepakbola, menjadikan sepakbola semakin seru dan unpredictable. Para pemain, pelatih, bahkan para pelaku judi bola pastinya akan dibuat harap-harap cemas. Dalam piala konfederasi, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa setiap tim yang menjuarai turnamen ini maka bisa dipastikan gagal menjadi jawara di piala dunia. Hal ini didasarkan pada sebuah fakta bahwa sampai saat ini Belum pernah ada tim juara Piala Konfederasi, lalu berhasil menjadi juara Piala Dunia. Benarkah demikian? Coba kita tengok gan!


1. Juara Piala King Fahd 1992 : Argentina – Juara Piala Dunia 1994 : Brasil . Argentina gugur di tangan Rumania di fase 16 besar dengan skor 3-2.
2. Juara Piala King Fahd 1995 : Denmark - Juara Piala Dunia 1998 : Prancis. Denmark tersandung Brasil di perempat final, kalah 3-2.
3. Juara Piala King Fahd 1997 : Brasil – Juara Piala Dunia 1998 : Prancis. Brasil dihancurkan oleh Prancis di Final dengan skor 3-0
4. Juara Piala Konfederasi 1999 : Meksiko - Juara Piala Dunia 2002 : Brasil. Meksiko kandas oleh Amerika Serikat 2-0 di babak 16 besar.
5. Juara Piala Konfederasi 2001 : Prancis - Juara Piala Dunia 2002 : Brasil. Sebagai juara bertahan, Prancis gagal total di Korea-Jepang, menduduki dasar klasemen grup A, dengan poin 1.
6. Juara Piala Konfederasi 2003 : Prancis – Juara Piala Dunia 2006 : Italia. Prancis kalah oleh Italia di Final dengan adu penalti.
7. Juara Piala Konfederasi 2009 : Brasil – Juara Piala Dunia 2010 : Spanyol. Brasil dikandaskan belanda 2-1 di perempat final.

Untuk Piala Konfederasi tahun ini siapa juaranya? Brasil, Spanyol, atau Italia. Kita tonton aja gan! Apakah nasibnya di piala dunia juga sama dengan tim-tim yang pernah menjadi jawara di piala konfederasi? Monggo, kalo agan mau komeng atau ngramal.

Ini ane nulis sendiri gan, nyari data muter-muter di wikipedia mulai tahun 1992 sampai 2013.

Ni gambar skuad argentina yang menangin Piala Konfederasi pertama kali

Argentina 1992


0
4.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan