Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indotimurAvatar border
TS
indotimur
[Pantesan Selalu Ngajak Jokowi] Elektabilitas Rieke & Cagub PDIP Tak Terbantu Parpol!


Dalam survei yang dilakukan oleh Indonesia Political Marketing Research, kandidat gubernur Jawa Barat Rieke Diah Pitaloka memiliki tingkat popularitas tertinggi ketiga setelah Dede Yusuf dan Deddy Mizwar.

Namun, popularitas Rieke tersebut tidak turut dibantu oleh kontribusi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengusung Rieke dan pasangannya, Teten Masduki.


"Dari 63 persen pendukung PDI-P, hanya 12 persen yang memberikan dukungan kepada Rieke dan Teten," ujar Farid Subkhan, Chief Operations IPMR, Rabu (20/2/2013).

Ia juga menjelaskan bahwa posisi Teten yang kurang populer di mata masyarakat Jawa Barat juga tidak membantu mendongkrak kredit pasangan ini di mata masyarakat. Menurut Farid, Rieke sebenarnya bisa mengarahkan 41 persen simpatisan PDI-P yang belum tergarap untuk memberi suaranya. Namun, waktu kampanye yang sudah habis dinilai akan menyulitkan posisi Rieke.

Adapun elektabilitas pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana, menurut Farid, amat didominasi pengaruh dan popularitas Dede Yusuf. Selain itu, Dede-Lex sebenarnya masih bisa memanfaatkan 51,4 persen pendukung partai yang belum menjatuhkan pilihannya ke pasangan ini.

Sementara pasangan Aher-Deddy Mizwar, partai politik cenderung tidak banyak memberi daya pikat untuk membuat simpatisan parpol memilih pasangan ini.

"Walau begitu secara individu, kedua pasangan ini memiliki kekuatan cukup baik dalam menarik calon pemilih," kata Farid.

Survei IPMR ini juga menunjukkan kandidat lainnya, yaitu Yance-Tatang, mengalami dukungan partai yang lemah, serta tidak mampu meningkatkan elektabilitas karena masalah popularitas, kurang disukai, serta tidak bisa mengoptimalkan calon pemilih.

Adapun calon independen Dikdik Mulyana Arief Mansyur-Cecep Nana Suryana Toyib (Dikdik-Cecep) mengalami kesulitan dalam masalah elektabilitas karena popularitas yang lebih rendah dibandingkan kandidat lain.

Survei yang diadakan oleh IPMR berlangsung dari tanggal 9 hingga 16 Februari 2013 dengan menggunakan metode proportionate multi stage random sampling terhadap 764 calon pemilih Pilkada Jawa Barat. Sampel dipilih di 25 kabupaten atau kota yang diambil berdasarkan proporsi jumlah pemilih tetap di masing-masing kota/kabupaten tersebut. Survei dilaksanakan di 54 desa. Pemilihan kelurahan, RT, rumah tangga hingga responden dipilih dengan metode acak murni.

republika



Alasan Sakit, Jokowi Mulai Berani Menolak Jadi Jurkam PDIP ?????

Kondisi kesehatan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dikabarkan menurun. Salah satu orang terdekat Jokowi, Anto, membenarkan kabar tersebut. Menurut Anto, ia sempat melakukan komunikasi melalui telepon pada pukul 22.00 WIB, Jumat (22/2/2013). Saat itu, Jokowi mengaku demam setelah terkena hujan ketika meninjau Sungai Ciliwung di Kelurahan Pangadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat sore.

Dengan kondisinya ini, Jokowi batal menjadi juru kampanye (jurkam) calon gubernur Sumatera Utara dari PDI-P Effendi Simbolon.

"Iya betul. Semalam masih kontak-kontakan, ngobrolin rencana ke Medan. Tapi, katanya demam, kena hujan, terus kena AC di mobil jadi badannya tambah panas," kata Anto, di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2/2013).

Anto yang juga kader PDI-P itu mengungkapkan, Jokowi langsung mendapatkan penanganan dari dokter pribadi Gubernur. Hingga pagi tadi, menurut Anto, kondisi kesehatan Jokowi belum membaik.

Seharusnya, pada hari ini, Jokowi dan istrinya, Iriana, dijadwalkan terbang ke Medan dengan pesawat Garuda pukul 06.30 WIB. Mantan Wali Kota Surakarta itu rencananya akan berada di Medan selama dua hari, Sabtu dan Minggu.

sumber



Quote:
emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh indotimur 23-02-2013 15:15
0
3.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan