Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ricolgAvatar border
TS
ricolg
SNMPTN Tertulis Dihapus, Tapi UM Diadakan Lagi?
Sebaiknya masuk ke mari dulu
Spoiler for IKLAN:


Oleh: Rico Ricardo Lumban Gaol


Pertanyaan tersebut tiba-tiba tebersit di dalam kepala saya setelah beberapa hari lalu saya membaca media cetak, sebut saja namanya KOMPAS. Di media itu tertulis pernyataan bahwa tahun 2013 tidak ada lagi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri) tertulis, yang ada hanya jalur undangan yaitu sebesar 50%. Lanjutnya lagi bahwa Jalur tertulis tetap ada, dengan nama Seleksi Mandiri Bersama (SMB) yang akan diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri. Alokasi daya tampung untuk Seleksi Mandiri ini adalah 30 persen. Adapun 20 persen calon mahasiswa baru lainnya akan diperoleh melalui Jalur Mandiri (JM) yang diselenggarakan masing-masing PTN.

Lalu, yang menjadi pertanyaan ialah, apa bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya? Tidak ada. Mungkin maksud mereka ingin mengurangi tindakan yang menyelewengkan kewenangan yang sering dilakukan oleh organ-organ tertentu juga mengurangi dana yang habis untuk jalur tertulis (SNMPTN tertulis). Seperti biaya pendaftaran SMB dan JM menjadi gratis, ini menarik sekali. Tapi bagaimana dengan jalur undangan, saya tidak mau menyebutnya sebagai SNMPTN, karena menurut saya jalur undangan, seleksi mandiri bersama, jalur mandiri itu semua tergolong kedalam SNMPTN, akal-akalan mereka saja mengganti namanya agar terlihat mereka kerja di kursi empuk itu.

Sekadar saran buat mereka yang duduk sambil “ngopi” ialah, tolong sesegera mungkin dijelaskan ke masyarakat, apa itu perbedaan ketiga jalur. Jangan membuat rakyat terlalu resah akan ketiadaan jalur tertulis padahal hanya berganti nama. Karena itu dapat mempengaruhi kualitas jalur undangan menjadi tidak terpercaya. Kenapa tidak? Sekolah mana atau kepala sekolah siapa yang tidak ingin anak sekolahnya atau lulusannya masuk perguruan tinggi dengan “mudah”.

Selain itu, untuk jalur undangan juga tolong informasinya sampai ke pelosok PAK!!!. Karena yang namanya sekolah, belum tentu semuanya punya akses yang sama seperti di perkotaan. Jadi PR buat kalian, tolong fungsi kontrol dari setiap jalur yang kalian sebutkan dimaksimalkan.

Terima Kasih

(budayakan tinggalkan jejak setelah membaca)
Diubah oleh ricolg 19-01-2013 13:41
0
1.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan