Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idrardiAvatar border
TS
idrardi
Obrolan ane sama anak jalanan di
Malem gan, dari BT mending maen Kaskus aja ye gak emoticon-Big Grin ane sekalian mau cerita nih, cerita ini berkaitan dengan anak jalanan ibukota. buat pembelajaran kita juga. Semoga bisa diambil hikmahnya ya.

Cerita nya gini nih gan, kejadiannya itu baru tadi sore pas ane sama temen ane pulang dari kampus. nah berhubung ane udah janji mau ngajak makan di daerah Blok M sama temen ane, jadi saat itu juga ane langsung pergi ke Blok M sialnya jarak dari senayan ke Blok M yang gak seberapa harus kita tempuh 2 jam!! Edann!!! lalu sampailah kita di Blok M, di Blok M kita disambut beberapa anak jalanan
NOTE: ane ngomong sama anak jalanan itu pake lu gua beda sama anak itu dia sopan bgt

“Semir kak?”

"sorry dek sepatu gua warna putih, gak bisa disemir"

“Ga pa2 kak, semir aja ya.” emoticon-Hammer2 gak kebayang kalo sepatu putih gue disemir warna item

“gak bisa dek sepatu gua putih, kalo disemir item kacau, kapan2 aja kalo gua pake sepatu item lo boleh deh semir sepatu gua sampe kinclong”. Dua bocah itu cuma nyengir emoticon-Big Grin yang satu usianya 14 taun yang satu nya 12 tahun

“Udah makan belum?” tanya ane sama anak yang usianya 14 tahun

“udah kak”

"yang bener nih?"

tiba2 anak jalanan yang lebih kecil ikut ngomong "dia bohong kak kita belum makan dari pagi"

si anak yang lebih tua itu nampol kepala si kecil, entahlah gua gak ngerti kenapa dia nampol 'adik' nya itu

Temen ane yang tadi banyak diem dia ikutan ngomong “udah ikut makan bareng kita aja, kita yang bayar”
“ngga ah kak”
“kenapa?”
“masih kenyang kak”
“gak usah boong kayaknya kamu bener2 kelaperan” kata temen ane, karena sedikit dipaksa akhirnya mereka mau ikut kita. Sambil jalan ke salah satu café yang ada di Blok M si anak yg lbh tua nomong “bungkus aja ya kak”
“Kok dibungkus? Makan sini aja bareng-bareng.”

“Ada temen-temen yang lain, ga enak kalau makan sendiri.”
“Ya udah mana temen2 lo yang lain ajakin sini aja”
Anak kecil yang agak ‘tua’ tadi memanggil teman-temannya yang berada tidak jauh dari cafe tempat kita mau makn nanti. Datenglah 2 orang bocah yang usianya gak beda jauh sama yang pertama ane temuin tadi, yang ini anaknya agak bersih beda sama yang pertama, kucel!

“Kalian udah makan belum? Makan bareng yuk”

Berdua sama temen gua, kita memesan makanan tambahan untuk mereka. Awalnya mereka malu-malu, duduk di sudut sebelah meja kami.

Keempat bocah itu duduk bersama dalam satu meja. Sambil nunggu makanan kita ngobrol2, anak yang nawarin ane buat nyemirin sepatu namanya Irfan usianya 14 tahun, yang bareng Irfan namanya Iqbal usianya 12 tahun (ternyata mereka berdua adik kakak), terus kedua anak yang nyusul kita namanya deni sama ardi.mereka berdua sama2 12 tahun si ardi ini kalo ngomong ngasal nah si Iqbal ini tugasnya negur si Ardi kalo dia ngomong kasar kadang lucu juga pas ngeliat Iqbal negur si Ardi, Irfan bocah 14 tahun ini sebagai “kakak” dari ketiga bocah tadi dia bertanggung jawab terhadap kelakuan ‘adik2nya ini’ merangkap sebagai juru bicara, kalo si Deni dia kebanyakan diem dia ngomong kalo ditanya aja.

Karna makanan gak dateng2 kita lanjutin ngobrol santai sama keempat bocah ‘street fighter’ ini
“kalian mulai kerja gini dari jam berapa? Apa gak dicariin orang tua kalian??”

“Kalo senin sampai sabtu, setelah selesai sekolah sampai malem kira-kira jam 8 lah. Kalo hari minggu, dari pagi sampai malem.”

“sehari dapet berapa?”

“gak menentu kadang goceng kadang ceban, kalau hari minggu sepi.”

“duit segitu lo pake buat apaan?”

“dikasih ibu tapi nggak semuanya, kalo dapet ceban, yang goceng dikasih yang gocengnya lagi dipake buat jajan sama ditabung di sekolahan, hehehehe…”

Akhirnya pesanan makanan datang, dan kamipun makan ramai-ramai. Ditengah makan, datang segerombolan anak-anak kecil dalam jumlah yang lebih banyak. Mereka mengawasi kami dengan pandangan menyelidik. Agak penasaran, karena 4 bocah yang bareng ane sama temen ane keliatan takut sama gerombolan anak jalanan yg lain. Liat tingkah gerombolan anak kecil tadi berbeda dengan 4 bocah yang saat itu duduk bersama kami. Mereka lebih kasar baik dalam sikap maupun kata-kata dengan rambut yang lebih merah terbakar matahari.

“kalian kenal mereka?? Sering main disini juga”

“nggak kak, mereka bukan teman kitai, mereka anak-anak luar Blok M. Kemaren kita dikeroyokin.” Disitu ane kaget gan

“kok kalian bisa dikeroyok gitu?? Kenapa? Kalian buat salah sama mereka”

“Anak-anak di luar Blok M gak boleh masuk dan ngamen di disini. Yang boleh di sini ya ya cuma anak-anak di dalam lingkungan blok m aja.karna kemaren kita ngeliat ereka ngelanggar yaudah kita lapor aja sama Senior kita disini (ane lupa namanya, jadi ane ganti jadi senior aja ye)
“makanya lain kali, gak usah lapor-lapor lagi, biarin aja mereka mau ngelakuin apa aja juga, daripada nanti dikeroyok lagi.” Kata temannya menimpali sekaligus memperingatkan temannya yang lain.

Dari cerita mereka, ada pembagian lokasi kerja. Lokasi Blok M hanya boleh dikerjakan oleh anak-anak dalam Blok M, itupun masih dibagi-bagi dalam kelompok-kelompok kecil dengan dikoordinatori Senior. Menurut cerita Irfan, Senior adalah mantan penyemir sepatu yang dulu bekerja di Blok M, setelah beranjak dewasa, mereka tidak lagi menyemir tetapi menjadi tukang parkir menggantikan tukang parkir yang sudah tua. Dari cerita mereka, senior bertugas mengatur dan melindungi mereka terutama bila terjadi perkelahian seperti yang diceritakan sebelumnya. Ketika ditanya, apakah ada bagian uang hasil semir sepatu yang diberikan ke senior. Mereka menjawab tidak ada. Semoga saja apa yang mereka ceritakan benar, gak ada uang yang harus dikasih buat Senior kasian gan.

“Jangan2 nanti kalo kalian udah besar,jadi tukang parkir kayak senior?”

“Iyalah kak, tapi besok kalo kami sudah besar. Kalo sekarang gak mungkin, bisa-bisa mobil2 yang parkir nabrak-nabrak semua.” Mereka tertawa bersama mendengar jawaban teman mereka.

Di tengah tawa mereka, gua mikirr, seperti inilah hidup dan cita-cita mereka. Mereka gak pernah diajari untuk menggantung cita-cita setinggi langit dan mempunyai impian. Gua masih inget pas seusia mereka, gua punya cita2 jadi dokter (meskipun ahirnya gua kuliah ngambil jurusan bisnis). Tapi buat mereka, apa yang nampak di depan mereka itulah yang akan mereka jalani kelak, menjadi tukang parker emoticon-Mewek.

“lo tau sodomi gak?” gua agak kaget juga denger pertanyaan berani dari temen gua.

“Tau.” Jawab mereka serempak

“klian jawab yang jujur, diantara kalian ada yang pernah disodomi?” Tanya temen gua berani.

“Nggak nggak kak.” Jawab mereka saling berpandangan.

“Tapi, temen2 yang diluar blok m ada.” Kali ini gua bener2 kaget ngedenger jawaban mereka. Memang di tv atau media lainnya udah banyak diliput tentang sodomi di kalangan anak jalanan, tapi denger sendiri dari mulut mereka bener2 bikin shock.

“Kalian tau siapa yang ngelakuinnya?”

“Kalo kata temen2 di luar, orang-orang asing yang nggak dikenal. Setelah menyodomi, terus ditinggal gitu aja.saya juga pernah ngikutin ada temen di luar yang diajakin sama tukang parkir di bulungan saya curiga soalnya tukang parkir itu maksa keliatannya sedikit nyeret2 anak itu, pas saya ikutin mereka masuk ke warung kelontong gitu dari jauh saya liat anak itu lagi nungging gak pake celana kayaknya lagi di tusbol emoticon-Betty

Astaga seperti itukah kondisi mereka di jalanan?? Hidup dengan kekerasan ditambah dengan pelecehan seksual buat anak sekecil mereka.

“Kalian harus hati-hati, kalo bisa saling ngejaga.” Gua ngingetin mereka

“Kalau di sini sih lumayan aman, gak kayak di luar. Tapi ada juga yang kemarin pakai shabu-shabu.” Astaga, apalagi ini, shabu-shabu? Anak sekecil itu udah tau yang namanya shabu-shabu.
“Shabu-shabu apa nih? Memangnya kalian tau apa itu shabu-shabu?” Tanya gua bloon

”Iya, yang narkoba itu kan. Kemaren kita liat ada orang yang lagi nyabu di belakang. Ada juga yang pake cimeng, trus ada juga yang pake suntikan.” Gua cuma bisa nahan napas denger cerita mereka. Mereka nyebutin beberapa jenis narkoba bahkan gimana cara pake suntikan di tangan.

“lo tau bahaya narkoba kan?”

Dengan polos mereka menjawab, “nggak tau. Tapi yang jelas, kalo pake narkoba nanti bisa ditangkep polisi.”

“Kalian jangan pernah pengen tau sama yang namanya narkoba mendingan kalian jauh2 deh dari tuh narkoba, bahaya”
“Tau tuh kak, si Ardi kemaren nemu suntikan trus dibawa sama dia.”

“kemaren saya nemu suntikan, dipendem di tanah, trus saya ambil saya pindahin sama temen2 yang lain. Ga tau tuh, sekarang dibuang kemana suntikannya.”

“Ardi….lo jangan deket2 apalagi sampe ngambil suntikannya. Kalo lo nemu suntikan kayak gitu udah biarin aja gak usah pake diambil segala”
0
10.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan