Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vulcano.hunterAvatar border
TS
vulcano.hunter
= Diskusi Terbuka Seputar TNGGP =
pertama2 saya minta ijin kepada moderator forum tercinta ini, karena kali ini saya akan mencoba membuka sebuah thread yang saya kira cukup sensitif. mengapa sensitif, karena jika dalam perkembangannya tidak dikelola/dijelaskan batasan2nya (oleh TS & rekan2 sesepuh disini) maka dikhawatirkan akan menjadi ruangan subjektif dalam mengekspresikan opini terhadap objek thread ini (TNGGP).

oleh karena itu, sebelum menjadi sebuah debat kusir tanpa solusi saya harapkan jika ada rekan2 yang tertarik mengikuti thread ini agar bisa dewasa dalam membuat opini. silahkan subjektif bahkan tendensius berkaitan dengan apapun tentang kesan & pesan rekan2 dalam menilai TNGGP ini, dan jangan lupa sajikan pula fakta/opini/pengalaman untuk menguatkan argumennya & tentunya tetap dalam aturan2 etika menulis yang baik. namun demikian, jika memang thread ini dianggap telah melanggar norma, etika dan aturan forum maka sebaiknya dihapus/dikunci saja.

kedepan, jika diskusi dalam thread ini cukup ramai dan ada banyak opini2 yang masuk (baik keluhan maupun pujian), maka tentunya juga akan jadi referensi bagi pembuat kebijakan. karena faktanya di forum ini ada cukup banyak member yang memiliki tugas dan fungsi sebagai jurnalis, pemerhati lingkungan, pecinta alam, masyarakat modern (kaum urban) dan tentunya para pembuat kebijakan baik daerah maupun pusat.

sebenarnya ini bukan yang pertama saya diskusi berkaitan dengan TNGGP, baik dari sisi kegunungapian, kebijakan, infrastruktur serta sosial kependudukan disana. karena faktanya nasib jabodetabek baik dari pola cuaca, kelembaban, resapan air, dan debit air kiriman (pada musim hujan) sangat bergantung dari bagaimana pengelolaan hutan TNGGP yang katanya adalah sebagai taman nasional terbaik (dari sisi konservasi hutan) di Indonesia.

berkaitan dengan eksistensi dan masa depan TNGGP, baik sebagai Taman Nasional maupun objek wisata maka diskusi awal ini saya mulai dengan sebuah gambar lanskap 3D (citra dari google earth) yang nantinya mudah2an bisa menjadi "guidelines" dalam diskusi ini. dengan menanggapi gambar 3D yang saya sertakan dibawah ini, maka diskusi ini secara otomatis dimulai.

salam.


Spoiler for visual:


btw jika guidelines gambar diatas dirasa belum merepresentasikan permasalahan2 yang terjadi di TNGGP, maka dibawah ini saya sertakan pula pokok2 acuan per item masalah yang juga menjadi acuan rekan2 dalam berdiskusi di thread ini.

1. fungsi taman nasional (legal aspek TNGGP)
2. positioning perhutani & kemenhut
3. pembalakan & perburuan liar
4. regulasi (administrasi) pendakian
5. sampah & vandalisme
6. sosiologi kependudukan
7. peran masyarakat, pecinta alam & media dalam bidang pengawasan
8. rusaknya ekosistem & keanekaragaman hutan hujan
9. terancam punahnya flora & fauna endemik TNGGP
0
6K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan